Selasa, 27 November 2012

Cium Tangan

" kebiasaan ini udah lama ada di sekitar kita. Berkembang secara turun-temurun. Dan tanpa kita sadari cium tangan rasanya sudah menjadi bagian kehidupan sehar-hari dan menjadi tradisi"

Cium tangan sudah menjadi tradisi wajib di Indonesia. Sebelum pergi keluar rumah, kita selalu menyempatkan buat cium tangan dan pamit sama orangtua. Hal sama juga kita lakukan saat bertemu dengan anggota keluarga yang lebih tua di acara keluarga. Sadar atau enggak, budaya satu ini yang biasa disebut salim udah jadi hal yang otomatis kita lakukan tanpa perlu diminta lagi setiap ketemu keluarga. Cium tangan sudah dijadikan simbol penghormatan kepada orang yang lebih tua yang udah khas dan mendarah daging di negara kita.

Kebiasaan mencium tangan orang yang lebih tua dimaknai sebagai penghargaan terhadap orang tersebut. Tidak  cuma keluarga, cium tangan juga sering kita lakukan kepada orang lain, seperti guru atau kerabat dari orangtua.  walaupun kelihatan biasa aja, namun cium tangan justru sempat bikin beberapa pengajar dari Australia yang ikut program BRIDGE di Indonesia kaget sekaligus kagum  dengan tradisi cium tangan yang dilakukan anak murid terhadap gurunya.

Kalau dibandingkan dengan negara lain, cium tangan bisa disejajarkan dengan membungkuk yang biasa dilakukan di Jepang. Cara cium tangan yang dilakukan setiap orang juga berbeda.  Ada yang ditempel di pipi, kening, hidung, dan ada yang benar benar mencium tangan  dengan mulut. Tidak ada standar khusus,  tapi cara cium tangan biasanya dilakukan sesuai dengan bagaimana diajarkan oleh keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar